Home  /  Masakan Sunda  / Warung Teteh

Warung Teteh


Warung Teteh

WARUNG-TETEH   WARUNG-TETEH4 WARUNG-TETEH5 WARUNG-TETEH6 WARUNG-TETEH7 WARUNG-TETEH8WARUNG-TETEH3

Siapa yang tak kenal Masakan Sunda? Masakan Sunda adalah masakan dari masyarakat Sunda di Jawa Barat, Indonesia. Ini adalah salah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Makanan Sunda memiliki ciri kesegaran bahannya, lalap terkenal dimakan dengan sambal dan juga karedok menunjukkan kegemaran orang Sunda terhadap sayuran mentah segar. Berbeda dengan masakan minangkabau yang kaya rasa dan pedas dengan kandungan bumbu kari dan santan yang kental, masakan Sunda menampilkan citarasa yang ringan, sederhana, dan jelas; berkisar antara gurih asin, asam segar, manis ringan, dan pedas.

Sambal terasi adalah bumbu penyerta yang paling lazim dalam hidangan Sunda, namun ada juga yang menggunakan sambal ijo yang dimakan dengan lalab atau tahu dan tempe goreng. Sayur asem dengan kuah berbumbu asam jawa mungkin adalah sayur yang paling populer dalam hidangan Sunda. Jenis sayuran populer lain adalah Soto Bandung, sejenis soto dengan irisan daging sapi dan lobak, serta mie kocok, sejenis mi dengan daging sapi dan kikil.

Untuk hidangan nasinya bisa berupa nasi timbel mupun nasi liwet. Untuk nasi timbel merujuk kepada cara memasak dengan membungkus nasi panas di dalam daun pisang. Panas nasi menjadikan aroma daun pisang luruh dan menambah aroma nasi. Caranya hampir sama dengan membuat lontong; ditekan, dipadatkan, dan digulung dengan daun pisang; biasanya disajikan bersama beberapa pilihan lauk-pauk teman nasi seperti ayam, bebek, tahu, tempe, sayur asem, lalap dan sambal. Nasi timbel pada perkembangannya mengilhami resep nasi bakar.
Sedangkan untuk nasi liwet sunda, cara masak nasi dalam tungku dengan nasi dibumbui sereh dan laos serta daun salam. Untuk menambah rasa ada yang menambahkan ikan asin.

Kangen dengan masakan-masakan tradisional Sunda? Cobalah sambangi Warung Teteh Taman Mini yang berlokasi di Museum Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 2001. Menu yang disediakan adalah masakan khas sunda seperti nasi timbel, nasi rames, sayur asem, lalapan, ayam penyet sambel ijo, dll.

Warung makan ini memang terkenal dengan sambel ijo dan sayur asemnya yang enak, karena memang menu andalan dari warung makan ini adalah ayam penyet sambel ijo dan sayur asemnya. Dari nama masakannya saja sudah Ayam sambel ijo, sudah dapat dibayangkan bentuk dan rasanya yang sudah tentu pedas. Jenis makanan yang satu ini sangat cocok disajikan dengan nasi yang masih hangat agar rasa yang dihasilkanya lebih nikmat dan lezat. Salah satu ciri khas makanan ini yakni memiliki rasa yang cukup pedas dan gurih yang bakal menggugah selera makan anda bersama keluarga. Hmmmmm, apalagi ayam penyet goreng dipadukan bersama sambel ijo maka akan terasa lebih pedas, membuat resep masakan ini menjadi buruan para pelanggan yang sedang berkunjung.

Sedangkan untuk sayur asemnya, rasanya segar dan gurih ala sunda. Selain rasanya yang maknyus, sudah pasti menu ini sangat menyehatkan karena karena berisi aneka sayuran yang baik untuk tubuh. Ciri khas dari sayur asem sunda ini adalah terletak pada bagian bumbu dan rempahnya.

Nah, bila anda penasaran dengan masakan khas sunda di Warung Teteh ini bisa datang langsung kelokasinya. Buka dari jam setengah 7 pagi sampai jam 8 malam, tapi jika ada pesanan bisa sampai malam. Selama ini, Warung Teteh banyak melayani Prasmanan wisatawan yang datang ke Taman mini Indonesia indah. Selain itu juga menerima pesanan untuk berbagai acara pesta, catering, hajatan dll.

WARUNG TETEH
Museum Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur
Telp. 0813 8999 5536, 0858 8337 1767

JAM BUKA :
Pukul 06.30 – 20.00 WIB

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin

Related Post


Pondok Makan Pasundan Kang Misno
Pondok Makan Pasundan Kang Misno

   Bila berbicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya, salah…

RM Nyi Iteung Spesialis Seafood dan Sunda
RM Nyi Iteung Spesialis Seafood dan Sunda

Rumah Makan Nyi Iteung menyediakan makanan khas sunda dan seafood.…

Saung Alam Sunda
Saung Alam Sunda

SAUNG ALAM SUNDA Khas Sunda dan Hidangan Laut Area Sport…

Warung Raos
Warung Raos

      Warung Raos berdiri pada tahun 2010. Terletak di…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *