Warung Soto Betawi H Nasan

Wednesday, September 14th 2016. | Masakan Betawi, Sop & Soto

WARUNG-SOTO-BETAWI-H-NASAN WARUNG-SOTO-BETAWI-H-NASAN2 WARUNG-SOTO-BETAWI-H-NASAN3 WARUNG-SOTO-BETAWI-H-NASAN4

Soto betawi tidak aneh bagi banyak orang yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Mencari warungnya pun tidak sulit karena bertebaran di mana-mana. Tapi setiap warung memiliki rasa dan keunikan sendiri-sendiri.

Warung Soto Betawi H. Nasan  yang ada di kawasan Parung Serab, Ciledug, Tangerang Selatan misalnya. Keistimewaan sotonya antara lain kuahnya berwarna merah dan isinya yang terdiri dari daging sapi dan jeroan tidak terasa amis. Daging dan jeroan digoreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan kuahnya.

Daging dan jeroannya berasa sekali bumbunya karena melalui proses pemasakan yang panjang. Setelah mengalami proses pencucian, daging diungkep dengan bumbu kunyit, kecap dan garam, dalam jangka waktu yang panjang. Setelah itu barulah digoreng hingga kekuningan. Saat dikunyah, daging dan jeroan itu begitu empuk dan rasanya manis-gurih. Menurut Bang Nana, untuk merebusnya diperlukan waktu hingga tiga jam. Biasa mulai masak dini hari, sekitar pukul 02.00. “Untuk menghilangkan bau yang tidak enak, kami mencucinya berkali-kali dan semua itu memakan waktu 3 jam. Sebelum direndam bumbu harus ditiriskan sampai benar-benar kering dari air,” tuturnya.

Daging sapi yang dipakai adalah daging kualitas nomor dua, yaitu bagian iga dan sengkel. Alasannya, lebih murah dibandingkan bagian has. Bumbu untuk soto betawi, seperti kemiri, lada, bawang putih, dan cabai merah, sudah disiapkan  dengan cara menggilingnya. Jadi  tinggal mengolah sesuai dengan takarannya. Kuah santan yang begitu kental sangat menggoda. Memang kuah dan isinya begitu melimpah dalam setiap porsinya. Bagi pengunjung yang tidak bisa makan dengan porsi banyak, bisa berbagi.

Warung ini buka pukul 09.00-14.00. Jadi kalau Anda memang berniat makan siang di sini, pastikan tepat waktu. Kalau tidak, bisa-bisa kehabisan. Pasalnya, tidak jarang orang yang datang memesan sampai puluhan bungkus, bahkan pesanan saat itu ada yang samapai ke Bali, Papua, Jogja, Jadi tentu saja cepat habis.

Pak Nana, Anak Betawi kelahiran Ciledug ini mengaku sudah lama ditinggal orangtuanya meninggal dunia, dan sekarang ini hanya meneruskan usaha dari orang tuanya yaitu pak H. Nasan. Warung soto ini sudah ada sejak tahun 1978 dan pelanggan nya sendiri banyak dari kalangan artis seperti Pak H. Bolot, Ponco Sutowo, Aji pangestu,  Tomi Ali dan banyak lagi dari kalangan Artis sering makan di sini.

Untuk kedepan nya Pak Nana bercita-cita untuk mengembangkan usaha peninggalan orang tua ini lebuh besar lagi dan sekarang ini anak-anaknya belum ada yang bisa memegang warung soto ini. “Di samping ada yang  masih kuliah ada juga yang sudah kerja,  jadi untuk sekarang belum ada yang bisa meneruskan”, ujar pak Nana . Biarpun beberapa ada yang membantu tapi belum bisa saya lepas begitu saja. Mungkin nanti kalau kondisi terpaksa, mereka mau meneruskan usaha saya ini,” katanya.

Nah bagi anda penggemar masakan betawi, khususnya soto,  Warung Soto Betawi H. Nasan wajib anda coba. Silahkan datang langsung ke lokasinya yang beralamat dibawah ini :

WARUNG SOTO BETAWI H. NASAN
Jl. Raden Fatah No.14 Parung Serab, Ciledug, Tangerang Selatan
Telp. (021)  7344 0432  / 0813 8675 8642

JAM BUKA
Pukul 09.00 – 14.00 WIB

TERIMA PESANAN
Untuk berbagai macam acara pesta, arisan, rapat, dll

DAFTAR MENU
* Soto Daging
* Soto Babat
* Soto Babat Campur
* Soto Kepala
* Soto Ayam

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn
tags:

Related For Warung Soto Betawi H Nasan