Soto Kudus Mas Gondrong

Saturday, November 5th 2016. | Sop & Soto

soto-kudus-mas-gondrongsoto-kudus-mas-gondrong6soto-kudus-mas-gondrong5  soto-kudus-mas-gondrong3 soto-kudus-mas-gondrong4

Soto, siapa yang tidak tahu kuliner yang satu ini? Soto merupakan santapan tradisional yang memiliki banyak varian. Hampir tiap daerah memiliki variasi kudapan itu dengan kekhasan masing-masing. Termasuk Kota Kudus di Jawa Tengah yang memiliki sajian khas soto kudus.

Dibandingkan dengan soto dari daerah lainnya, soto kudus memiliki tampilan yang khas. Sepintas saja, Anda bisa mengetahuinya dari tampilan mangkuk nan mungil. Sendok yang dipakai juga khas, yakni menggunakan sendok bebek.

Bagi yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya serta ingin merasakan kesegaran soto kudus, ada satu kedai yang layak Anda coba. Namanya Soto Kudus Mas Gondrong yang terletak di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan

Tidak susah menemukan kedai milik mas Sugiharto yang sudah berdiri sejak 2009 lalu ini. Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Jl. Garuda, Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Meski sederhana, ruangan kedai bernuansa hijau dan kuning itu terasa nyaman dan bersih. Di bagian tengah, terdapat beberapa meja dan kursi panjang. Jika ingin lebih santai, Anda bisa memanfaatkan meja di bagian kanan dan kiri yang memang khusus disediakan untuk pengunjung yang suka makan sembari lesehan.

Pengunjung yang datang ke kedai ini pun dari berbagai kalangan. Buka dari jam delapan pagi hingga pukul sepuluh malam, Soto Kudus Mas Gondrong ramai saat jam makan siang dan malam. Di hari biasa, Sugiharto bisa menjual sekitar 100 porsi. “Hari Sabtu atau Minggu, bisa naik dua kali lipat,” ujar pria yang akrab disapa mas Sugi ini.

Jika sudah sampai di kedai ini, silakan pilih tempat duduk yang Anda sukai. Setelah itu, segera saja pesan soto kudus racikan Sugiharto. Dalam waktu yang singkat, seporsi soto kudus siap di hadapan. Tentu saja, sesuai ciri khas soto kudus, tersaji dalam mangkuk mungil dengan sendok bebek.

Oh, iya, saat memesan soto, Anda akan ditawari dua pilihan: soto campur nasi atau soto dengan nasi yang dipisah. Anda bisa pilih sesuai selera Anda. Cuma, saran saja, soto kudus biasanya memang lebih pas disajikan bercampur nasi.

Dari segi penampilan, soto kudus olahan Sugiharto sebetulnya tak berbeda dengan soto kudus lainnya. Seporsi nasi dengan kuah yang hampir meluap itu tampak penuh di dalam mangkuk nan mungil. Di atasnya, Anda bisa menemukan taoge, potongan daging ayam, dan irisan seledri lengkap dengan taburan bawang goreng.

Sugiharto juga mengatakan, sejatinya, tak ada resep khusus pada soto olahannya. Sebagaimana soto kudus lainnya, ia menggunakan bumbu dasar seperti bawang merah dan putih, serai, serta lengkuas. Bumbu ini dihaluskan kemudian ditumis. Setelah itu, dicampur dengan air. “Tidak ada yang istimewa,” ujarnya merendah.

Tapi, rasa tak bisa bohong. Kekuatan ini yang membedakan Soto Kudus Mas Gondrong dengan soto kudus lainnya. Hanya, jangan buru-buru mencicipi soto kudus bikinan Sugiharto yang sudah tersaji di meja. Sebab, kurang afdal rasanya menyantap soto tanpa perasan jeruk nipis dan tambahan kecap manis. Bagi Anda yang suka pedas, tak ada salahnya menambahkan sambal. Setelah itu, aduk soto biar semua bahan tambahan tercampur.

Dari bau harum kuah soto saja sudah begitu menggoda. Tunggu apa lagi, mulailah menyendok soto dan mencicipnya. Dan segera saja, rasa segar nan gurih dari kuah soto menerjang rongga mulut Anda. Kaldu ayam pun begitu terasa di lidah. Namun, itu belum cukup. Cobalah gigit potongan daging ayamnya. Daging ayam nan empuk itu begitu gurih menggigit. Rasa nikmat pun makin terasa saat bawang goreng, taoge, dan irisan seledri berpadu di lidah.

Menurut Sugiharto, salah satu rahasia rasa lezat soto racikannya berasal dari ayam kampung. Ia memang sengaja memilih ayam kampung ketimbang ayam negeri. Maklum, daging ayam kampung lebih gurih dan enak. Sementara, daging ayam negeri lebih banyak mengandung lemak dan air.

Jangan lupa mencomot lauk yang sudah disediakan oleh Sugiharto. Tidak lengkap rasanya menyantap soto kudus tanpa sate kerang, perkedel kentang, atau sate telur puyuh. Harga lauk-pauk ini cuma Rp 3.000 sampai 5000 per buah. Sementara, untuk memperoleh seporsi soto kudus, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 8000 sampai 11000.

Nah Jika Anda penggemar soto, tak ada salahnya ke sini dan rasakan kelezatan Soto Kudus Mas Gondrong yang beralamat dibawah ini.

SOTO KUDUS MAS GONDRONG
Jl. Garuda, Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan
HP. 089695756218

Cabang :
– Jl. Lapangan Bola Srengseng Kembangan Jakarta Barat
– Pesanggrahan, Samping Kodam ( Lapangan Futsal ) Jakarta Selatan
– Gedung Cyber Kantin B1 Kuningan Jakarta Selatan
– Bakri Tower Kantin B2 Jakarta Selatan
– Giant Extra Alam sutra Serpong Tangerang Selatan
– Jl. Raya Meruya Ilir Jakarta Barat

JAM BUKA
Pukul 08.00 – 22.00

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin
tags:

Related For Soto Kudus Mas Gondrong