Soto Betawi Bang Kumis

Sunday, April 17th 2016. | Sop & Soto

SOTO-BETAWI-BANG-KUMIS6ASOTO-BETAWI-BANG-KUMIS SOTO-BETAWI-BANG-KUMIS2 SOTO-BETAWI-BANG-KUMIS3 SOTO-BETAWI-BANG-KUMIS4 SOTO-BETAWI-BANG-KUMIS5 SOTO-BETAWI-BANG-KUMIS6

Betawi merupakan sebutan untuk suku asli jakarta. Sejarah Betawi begitu dinamis mempengaruhi warisan kulinernya yang memiliki cita rasa gurih dan sedap, yang merupakan ciri khas masakan Betawi. Sebenarnya Betawi memiliki banyak makanan khas yang sangat lezat, namun seiring perkembangan pesat kota Metropolitan Jakarta yang sekaligus ibukota negara Indonesia ini, makanan khas Betawi sangat langka, bahkan hampir punah, oleh karena itu penting sekali untuk melestarikan warisan Kuliner Betawi. Salah satu warisan Kuliner terkenal dan masih ada sampai saat ini adalah Soto Betawi.

Berbicara tentang soto betawi, ada satu tempat makan yang kami rekomendasikan kepada anda yaitu Soto Betawi Bang Kumis yang berada di kawasann meruya, jakarta barat. Kuliner ini merupakan legenda dari kota jakarta, yang sudah ada sejak tahun 70-an. Dulu lokasinya beramat di Jalan Kendal Blora Sudirman, hingga tahun 2006 warung ini pindah ke Jalan H.Sa’aba Raya Meruya Selatan, Joglo, Jakarta Barat, yang di kelola oleh anak nya yaitu Bapak Nidi. Ditemui di sela kesibukan nya melayani pelanggan, pak Nidi menuturkan bahwa usaha dagang soto Betawi yang di gelutinya saat ini adalah usaha turun temurun dari Orang tua, (ayah nya). Dikisahkan pak Nidi bahwa ayah nya sudah berdagang soto betawi sejak tahun 1970-an dan sekarang pak Nidi yang meneruskan usaha dagang soto tersebut.

Untuk masalah resep, pak Nidi menceritakan Soto Betawi Bang Kumis menggunakan Resep Asli Tradisional Indonesia yang merupakan resep turun temurun dari orang tua yang sampai saat ini kualitas rasa tetap terjaga.
Dari tampilan kuah soto ini tak terlihat terlalu kental, potongan daging memenuhi dasar mangkuk, Seruput kuah nya, maka terasa sekali campuran rempah dari Arab yang menendang lidah.

“Yang pasti Soto kami tidak menggunakan bumbu masak, kami hanya menggunakan bumbu-bumbu Tradisional”, begitu pak Nidi menegaskan. Satu porsi Soto bang kumis di Bandrol hanya 20 rb saja, “Walaupun harga dipasaran naik, harga soto kami tetap satu porsinya 20 rb”, jelas pak Nidi.

Soto Betawi yang dihidangkan pak Nidi memang cukup menggugah selera, menu andalan nya seperti soto daging, serta babat yang di campurkan ke dalam kuah soto yang gurih, karena santan nya cukup kental, kemudian dicampur dengan racikan bumbu yang pas.

“Racikan bumbu yang saya buat memang kuncian dari orang tua saya, dan pak Nidi memiliki kunci sukses membuat warung soto betawinya ramai pembeli. Dikatakan, selain memiliki racikan Bumbu yang pas serta rasa soto yang enak, beliau juga menerapkan pelayanan yang cepat dan ramah kepada pembeli.

Lebih lanjut pak Nidi mengatakan bahwa saat pertama kali merintis usaha berdagang soto betawi, ayahnya selalu meracik sendiri masakannya. Hal itu yang di sebut kuncian alias resep rahasia oleh pak Nidi dan Istri.

Nah bagi anda pecinta kuliner khususnya kuliner betawi, tunggu apa lagi silakan kunjungi Soto Betawi Bang kumis yang beralamat dibawah ini :

SOTO BETAWI BANG KUMIS
Jl. H.Sa’aba Raya Meruya Selatan, Joglo, Jakarta Barat
Telp. 0822 3346 2984

JAM BUKA
Pukul : 10.00 – 21.00 WIB

TERIMA PESANAN
Siap antar untuk acara-acara seperti hajatan, pesta perkawinan, dll.

DAFTAR MENU
Soto Daging, Soto Babat, Soto Ayam, Soto Kikil, Soto Paru, Soto Campur.

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin
tags:

Related For Soto Betawi Bang Kumis