Soto Ayam Ambengan Surabaya Asli Cak Qohar

Sunday, July 31st 2016. | Sop & Soto

SOTO-AYAM-AMBENGAN-SURABAYA-ASLI-CAK-QOHAR SOTO-AYAM-AMBENGAN-SURABAYA-ASLI-CAK-QOHAR2

SOTO-AYAM-AMBENGAN-SURABAYA-ASLI-CAK-QOHAR3a

Bagi warga Kota Pahlawan, nama soto ambengan pasti sudah akrab banget di telinga. Soto racikan Pak Sadi yang dijajakan di Jalan Ambengan, Surabaya, memang sudah menjadi legenda. Tak heran, soto ini masuk daftar kuliner khas ibukota Provinsi Jawa Timur tersebut.

Di Jakarta, ratusan kilometer dari Surabaya, Soto Ambengan Pak Sadi juga kesohor. Dengan sistem waralaba, Pak Sadi membuka sejumlah kedai di Ibukota RI. Soto ambengan pun makin berkibar lantaran banyak pegawai Pak Sadi yang mandiri, mendirikan kedai soto ambengan di seluruh penjuru nusatara. Salah satunya adalah Soto Ayam Ambengan Surabaya Asli Cak Qohar yang menjajakan soto ambengan di Jakarta sejak 9 tahun lalu. Kedai pertama mereka ada di daerah Joglo Raya dan masih beroperasi dengan nama Soto Ambengan Cak Qohar. membuka kedai sendiri di daerah Joglo Jakarta Barat, persisnya di Jalan Joglo Raya (Depan Ruko Intercon Megah) bertajuk Soto Ayam Ambengan Asli Surabaya Cak Qohar.

Meski hanya kedai kaki lima sederhana, Soto Ambengan Cak Qohar ramai pembeli. Kebanyakan dari mereka adalah penghuni perumahan dan pegawai kantoran di sekitar situ. Kedai yang buka mulai jam 9 pagi sampai 9 malam ini bakal sangat ramai pada pukul tujuh hingga sembilan malam.

Tenda Soto Cak Qohar ini hanya bisa menampung 20 pengunjung. Tapi enggak usah khawatir, kedai ini menyediakan banyak tempat yang bisa Anda pakai untuk bersantap sambil lesehan di area parkir ruko. Nah, kalau digabung dengan tikar lesehan, kapasitas kedai tersebut bisa sampai 80 orang lebih.

Di dalam tenda, sebuah gerobak soto dengan panci besar menjadi pusat kegiatan kedai ini. Dengan cekatan, pak Qohar akan menuangkan kuah kuning panas ke dalam mangkuk-mangkuk soto pesanan Anda.

Seperti layaknya soto ambengan, demikian pula penampilan soto cak Qohar ini. Kuahnya kuning kental. Pilihan isi ada uritan, daging ayam, kulit, dan sebagainya. Pelengkapnya potongan telur.

Asyiknya, kedai ini royal memberi suwiran daging ayam. Mangkuk soto ambengan Anda penuh dengan ayam. Sebagai penutup, di atas kuah bertabur rajangan daun bawang dan koya soto yang gurih. Agar makin menggoda, Anda bisa memesan tambahan koya, ati ayam, atau telur ayam yang dipotong besar-besar. Sebelum makan, sebaiknya peras irisan jeruk nipis kemudian tambahkan kecap dan sedikit sambal, lalu aduk.

Hmm…, soto ambengan yang masih panas mengepul langsung meruapkan wangi kaldu ayam yang tajam. Saat mulai masuk mulut, tekstur kuah yang kental dan padat akan terasa. Rupanya, bubuk koya membuat kuah makin padat. Gurih kari dan koya bercampur rasa kuah yang segar lantaran jeruk nipis, memang cocok dilahap bersama sepiring nasi putih.

Aksi soto ambengan racikan Cak Qohar empuk punya. Meski seratnya tebal, tanpa susah payah daging ayam lumat dalam mulut. Begitu juga dengan ati ampela yang digoreng kering namun tetap terasa empuk dan gurih. Sensasi soto penuh daging khas Surabaya ini memang menggoda. Apalagi, dikudap sama kerupuk renyah yang tersedia di meja.

Mau tahu rahasia soto ambengan yang nikmat buatan Cak Qohar? Menurut beliau, rasa gurih yang keluar dari kuah kuning bukan cuma berasal dari kaldu ayam. Pria Asli Surabaya ini belajar mengolah soto ambengan ini dengan menambahkan bumbu dalam kuah. Caranya, setelah kaldu siap, sejumlah bumbu rahasia. Adonan bumbu tersebut kemudian dicampur bersama kaldu ayam beserta bumbu kunci.

Sebagai pamungkas, Cak Qohar ternyata tidak membuat bubuk koya dari kerupuk udang yang digiling halus, melainkan menggunakan udang kering atau ebi yang digerus. Tapi, dengan campuran ebi ini, soto ambengan racikannya sama sekali tidak beraroma amis. Sayang, lelaki asal Lamongan, Jawa Timur, ini enggan menjelaskan caranya meminimalkan bau amis dari si bongkok tersebut. “Rahasia dapur,” katanya singkat.

Sedang untuk cara memasak soto ambengan, Cak Qohar bilang, tidak ada yang istimewa. Peralatan yang dia pakai juga cenderung modern, seperti mesin giling dan kompor gas. Tapi, ia menjaga kualitas dengan menyajikan soto ambengan yang baru dimasak hari itu juga.

Anda mau tersambar kelezatan soto ambengan bikinan Cak Qohar? Mari ke Soto Ambengan Cak Qohar. Untuk menghangatkan badan dengan semangkuk soto ambengan nan segar ini.

Tunggu apalagi yuk datang langsung ke lokasinya yang beralamat dibawah ini :

SOTO AYAM AMBENGAN SURABAYA ASLI CAK QOHAR
Jl. Joglo Raya (Depan Intercon Megah) Jakarta Barat
Telp. 0856 9709 8665

JAM BUKA
Pukul 09.00 – 21.00 WIB

TERIMA PESANAN
Untuk berbagai macam Acara Pesta, Acara Kantor, Nasi Bungkus Dan Box
Dalam Jumlah Besar Maupun Kecil

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin
tags:

Related For Soto Ayam Ambengan Surabaya Asli Cak Qohar