Home  /  Sate & Tongseng  / Sate Sapi Pak Kempleng

Sate Sapi Pak Kempleng


Sate Sapi Pak Kempleng

SATE-SAPI-PAK-KEMPLENG4SATE-SAPI-PAK-KEMPLENG2SATE-SAPI-PAK-KEMPLENG5SATE-SAPI-PAK-KEMPLENG6

SATE-SAPI-PAK-KEMPLENG7SATE-SAPI-PAK-KEMPLENG  SATE-SAPI-PAK-KEMPLENG3

Siapa yang tak kenal sate? ya, sate merupakan salah satu kuliner paling populer di Indonesia, dari anak-anak hingga dewasa sangat menyukai kuliner ini. Dan ragamnya sebenarnya cukup banyak, baik dari segi pengolahan maupun bahan baku yang digunakan. Ada yang menggunakan bahan daging ayam, kambing, sapi, maupun kerbau. Meski demikian, di Indonesia sepertinya tak ada yang bisa mengalahkan dominasi sate ayam dan kambing ala Madura. Bahan baku tersebut biasanya diolah secara minimalis, dengan hanya dibumbui ketika akan dibakar. Untuk penyajiannya, bumbu kacang atau kecap adalah pendamping wajib yang tak tergantikan. Kuliner yang dipopulerkan para perantau asal Madura ini sudah tersebar di seantero nusantara. Bahkan sudah menjadi rujukan standar atau ikon sate khas Indonesia.

Apabila anda mulai bosan dengan jenis sate yang begitu-begitu saja, ada baiknya untuk mengeksplorasi jenis sate lain yang ada di Indonesia. Di Ungaran, Kabupaten Semarang, misalnya, ada satu kuliner bernama Sate Sapi Pak Kempleng yang sangat terkenal dan telah menjadi ikon dari kota kecil tersebut. Seperti namanya, sate Pak Kempleng menggunakan bahan baku daging dan jeroan sapi. Berbeda dengan sate pada umumnya, daging dan jeroan direndam terlebih dulu di dalam racikan bumbu dengan campuran gula aren sebelum nantinya dibakar. Alhasil, bumbu akan lebih merasuk ke dalam daging/jeroan. Daging yang digunakan bukan sembarang tetelan, melainkan daging khas dalam dan lulur. Potongan-potongan daging/jeroan untuk sate pun jauh lebih besar dari yang umum dijumpai. Itulah kenapa Sate Sapi Pak Kempleng ini penampilannya terlihat premium.

Di rumah makan ini, pengunjung bebas memilih sendiri jenis sate yang diinginkan, ada sate daging, sate usus, sate hati, sate paru, dan sate kapur (dari lemak sapi). Nyaris tak ada bagian sapi yang terlewatkan. Tak perlu menunggu lama, sate pesanan akan segera tersaji di meja berikut sepiring nasi putih atau lontong. Pendamping yang digunakan tak beda dengan sate Madura, yakni bumbu kacang kental yang disajikan terpisah berikut irisan cabai dan bawang merah. Sate sapi sebenarnya bisa langsung disantap begitu saja karena sebelumnya sudah dibumbui. Namun rasa sate yang cenderung manis akan lebih seimbang ketika dicocol bumbu kacang yang gurih. Jangan terkecoh dengan potongan dagingnya yang besar, karena ketika digigit teksturnya sangat empuk. Benar-benar hidangan yang istimewa. Tak hanya memanjakan lidah, porsinya yang besar juga bisa sangat memuaskan perut yang lapar.

Nah bagi anda yang berada di Jakarta khususnya di kawasan BSD, ada salah satu cabang Sate Pak Kempleng yang beramat Jalan Raya Serpong KM.4 BSD City, yang di kelola oleh anak nya. tidak perlu ragu sekalipun tidak ada standarrisasi, “Pak Kempleng” mempunyai kemiripan dalam penampilan dan rasa yang sama. Sekalipun sate pak Kempleng lebih kondang ada lagi sate khusus yang di sebut “kapur” yaitu bagian yang di ambil dari lemak payudara sapi/ ini sangat mak nyosss rasanya…

Tunggu apalagi, yuk datang aja langsung kelokasinya yang beralamat dibawah ini :

SATE SAPI PAK KEMPLENG
( Warung Makan Asli Unggaran Semarang )
– Saung Djati Food Festival (Depan Nissan BSD)
Jln. Raya Serpong KM.4 BSD City
– Ruko Pasar 8 Blok RE No.3 Alam Sutera

TERIMA PESANAN
Untuk berbagai acara pesta, arisan, ulang tahun, rapat, dll
Hubungi : Telp. 0817 4166 105 (Ari), 0813 2566 4414 (M.N. Qosim)

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin

Related Post


Sate Padang Ajo Awak Rasanya Maknyos
Sate Padang Ajo Awak Rasanya Maknyos

Sate Padang Ajo Awak ini dikenal dengan rasanya yang pedas,…

Sate Maranggi Abah Aro 101% Gratis
Sate Maranggi Abah Aro 101% Gratis

Benar, 101% Gratis menjadi slogan andalan warung sate Maranggi ini,…

Warung Tongseng Joyo Samino 2
Warung Tongseng Joyo Samino 2

  Siapa yang tak kenal Tongseng? ya masakan khas nusantara…

Warung Makan Sido Mampir
Warung Makan Sido Mampir

    Warung Makan Sido Mampir ini adalah sebuah tempat makan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *