Home  /  Nasi & Bubur  / Pondok Nasi Liwet Solo

Pondok Nasi Liwet Solo


Pondok Nasi Liwet Solo

    

Kota Solo memang memiliki kekhasan kuliner yang tak boleh dilewatkan oleh para pengunjung. Salah satunya yang paling khas dan menarik adalah nasi liwet Solo. Nasi gurih ini biasa dijumpai di warung-warung kuliner di Kota Solo saat pagi dan malam hari. Kuliner yang satu ini memang lebih sedap disantap saat pagi atau malam hari. Nasi liwet menjadi kuliner favorit bagi keluarga Solo. Nasinya yang gurih dan harum membuat banyak orang ingin dan mudah merindukan masakan Solo yang satu ini.

Bagi yang sudah pernah menyantap kuliner Nasi Liwet Solo ini, tentunya dapat merasakan khasanah Jawa nan tradisional dalam penyajian kuliner ini. Disajikan dalam pincuk atau daun pisang yang dilipat menyerupai kerucut mampu menghadirkan rasa Jawanya lebih kental. Sayurnya pun sudah pakem yaitu ada sayur sambal goreng labu siam. Suwiran ayam opor, uritan atau ati dan ampela ayam, telur kukus dan telur rebus serta ditambah pula dengan santan kental yang gurih atau biasa disebut sebagai ‘kumut’ menambah nikmat rasa Nasi Liwet.

 Tampilan lainnya yang khas saat Anda membeli Nasi Liwet Solo adalah penampilan ‘Yu Sego Liwet’, panggilan akrab bagi para perempuan pedagang Nasi Liwet di Kota Solo. Sego adalah bahasa Jawa dari nasi. Para pedagang nasi liwet memang para perempuan. Mereka tampil tradisional dengan baju model jaman dulu, khas kebaya atau minimal mereka berpenampilan Jawa sederhana dengan cara penataan dagangan secara lesehan dalam wadah-wadah makanan yang khas.

Nasi Liwet legenda di Solo dapat dijumpai di Nasi Liwet Wongso Lemu di daerah jalan Teuku Umar, Keprabon area Keraton Mangkunegaran atau mudah ditemui di timur Ngarsopuro. Tapi Anda jangan heran ketika harus merogoh kantong secara dalam-dalam usai menikmati Nasi Liwet di Warung Nasi Liwet Bu Wongso Keprabon. Harga nasi liwet di sini lebih tinggi dari yang lain. 

Bagi anda warga jakarta yang ingin mencoba nasi liwet khas solo, tak perlu jauh-jauh ke Solo untuk menikmatinya. Karena di Jakarta sudah banyak yang menjajakan kuliner khas solo ini, salah satunya Pondok Nasi Liwet Solo yang berada di kawasan Blok M Kebayoran Baru.

Pemilik Pondok Nasi Liwet Solo ini bernama ibu Mila, buka dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam. Untuk menu nasi liwetnya tidak perlu lagi diragukan rasanya. Pokoknya TOP..

Tunggu apalagi, yuk datang dan rasakan kelezatan nasi liwet ini di Pondok Nasi Liwet Solo yang beralamat lengkap dibawah ini :

PONDOK NASI LIWET SOLO
Dapur Raya Pasaraya Grande, Jalan Sultan Iskandarsyah II Raya Lantai LG #W25, Jaka, Jakarta Selatan, RT.3/RW.1, Melawai, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Telepon: 0821-2422-6855

JAM BUKA
Pukul 10.00 – 21.00 WIB

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin

Related Post


Dapur Serundeng Roxy
Dapur Serundeng Roxy

     Sebelum membuka rumah makan atau resto ini, kami…

Bubur Ayam Melati Mas
Bubur Ayam Melati Mas

   Lidah memang tidak bisa bohong merindukan akan cita rasa…

Nasi Hainam Campur Ala Medan Ibu Wani
Nasi Hainam Campur Ala Medan Ibu Wani

   Kurang lengkap rasanya jika kita sedang berada di kawasan glodok,…

Kupat Tahu dan Nasi Pecel Dadi Mampir
Kupat Tahu dan Nasi Pecel Dadi Mampir

Berbicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya. Beragam menu makanan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *