Nasi Kuning Bubur Manado Pops

Tuesday, August 11th 2015. | Bubur Manado, Masakan Manado, Nasi & Bubur, Nasi Kuning

NASI-KUNING-BUBUR-MANADO-POPS

Bukan masakan Manado namanya jika tidak menggoyang lidah. Keberanian memasukkan berbagai bumbu membuat setiap makanannya ngangenin dan selalu dicari orang. Tak hanya Kawanua, orang asli Manado, yang memburunya. Warga dari sejumlah daerah lain pun mengidolakan masakan dengan wangi rempah nan memikat itu.

Popularitas masakan Manado, terbukti dari banyaknya rumah makan kelas kaki lima sampai restoran mewah yang mengusung menu- menu dari daerah di ujung utara di Sulawesi itu. Bahkan, kini, masakan Manado mudah dijumpai di tempat makan di pusat belanja modern.

Cobalah ketik ”masakan Manado di Jakarta” di mesin pencari. Hanya dalam sepersekian detik muncullah berderet situs resmi yang dikelola pemilik tempat makan sampai rekomendasi pribadi untuk mencicipi kuliner tradisional itu.

Nah, bagi pencinta kuliner khas Manado, tak perlu jauh-jauh menyeberang ke Pulau Sulawesi untuk dapat menikmati masakannya. Karena di Jakarta sudah banyak restoran maupun kedai yang menyediakan masakan khas manado ini. Seperti kedai yang telah kami datangi dari Tim info kuliner yaitu Nasi Kuning Bubur Manado Pops yang berada di Taman permata Buana H4/6, Jakarta Barat. Sesuai namanya, kedai ini menyediakan Makanan Khas Manado yaitu Nasi Kuning dan Bubur Manado yang wajib anda coba.

Berbeda dengan bubur ayam Jakarta atau Bandung, bubur Manado tampak lebih sehat. Bayangkan saja bubur beras yang hangat dicampur dengan serutan jagung dan sayuran dan disajikan dengan ikan asin. Jika ingin pedas bisa ditambahkan sambal. Sangat cocok dimakan pagi hari.

Sedangkan nasi kuning manado ditaburi abon ikan dicampur serundeng yang gurih manis, lapisan keduanya adalah irisan kantang goreng yang renyah, dan didalamnya ada suiran ikan cakalang untuk menemani nasi kuningnya. Tak lupa dilengkapi 1 butir telur rebus. Nikmat! paduan rasa dari elemen bumbunya memang melengkapi rasa gurih si nasi kuning itu sendiri. Terlebih adanya sambal yang cukup nendang, sangat terasa pedasnya. Cocok dengan rasa manis gurih dari nasi itu sendiri.

Kedai ini selalu menjaga cita rasanya, karena bahan bakunya seperti ikan Cakalang Fufu (Cakalang Asap) di datangkan langsung dari Manado, dan ini rupanya yang selalu dipegang teguh pengelola tempat makan khas Sulawesi Utara ini.

POPS-KLAPPERTAARTPOPS-KLAPPERTAART2

Klappertaart

Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya. Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan, sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya. Klappertaart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) juga telah masuk dalam Makanan Khas Nusantara bersama dengan 30 jenis makanan lainnya dari berbagai daerah.Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original. Di Manado sendiri Klappertaart sangat mudah didapatkan.

Salah satu tempat dijakarta yang menyediakan klappertaart khas manado adalah Pops Klappertaart, yang sudah berdiri satu tahun yang lalu tepatnya pada bulan Oktober 2014. Dan mengikuti bazar Even di Puri Indah Gandaria City, Grand Indonesia Kelapa gading Blakin Wol, berwok mol. Pertama ikut bazar hanya Kue Klappertaart, namun sekarang sudah mulai mengembangkan ke  Makanan khas Manado seperti Nasi Kuning dan Bubur Manado.

Pops Klappertaart menggunakan bahan kelapa muda pilihan serta kenari yang dipetik langsung dan belum dikupas, sehingga masih Fresh. Semua bahan tersebut didatangkan langsung dari Manado.

Pops Klappertaart
Taman Permata Buana H4/6 Jakarta Barat Indonesia
HP. 0811962162, 081212773864
E-mail : popsklappertaart@gmail.com
Website : www.popsklappertaart.com

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn
tags: , , , , , , , ,

Related For Nasi Kuning Bubur Manado Pops