Home  /  Nasi & Bubur  /  Nasi Grombyang  / Nasi Grombyang Khas Pemalang di Kedai Andes

Nasi Grombyang Khas Pemalang di Kedai Andes


Nasi Grombyang Khas Pemalang di Kedai Andes

NASI-GROMBYANG-PEMALANG-KEDAI-ANDES1 NASI-GROMBYANG-PEMALANG-KEDAI-ANDES2 NASI-GROMBYANG-PEMALANG-KEDAI-ANDES3 NASI-GROMBYANG-PEMALANG-KEDAI-ANDES4 NASI-GROMBYANG-PEMALANG-KEDAI-ANDESNASI-GROMBYANG-PEMALANG-KEDAI-ANDES5 NASI-GROMBYANG-PEMALANG-KEDAI-ANDES6

Saat tim info kuliner sedang menikmati liburan di Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga Taman Mini Indonesia Indah, tepatnya di area kantin. Kami tertarik dengan banner dari salah satu kedai yang bertuliskan “Nasi Grombyang Khas Pemalang”. Menu Nasi Grombyang ini disajikan di Kantin ANDES.

Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah, yang mirip dengan soto dan rawon. Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (bahasa Jawa:grombyang-grombyang, artinya “bergoyang-goyang”). Tidak diketahui dengan pasti kapan makanan khas ini mulai diciptakan. Namun menurut penuturan para orang tua di Pemalang, makanan khas nasi grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an.

Ramuan nasi grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil, namun di Kedai Andes sedikit berbeda karena nasi dipisah dengan grombyangnya sehingga porsi lebih banyak dibanding grombyang lainnya. Selain memesan Nasi Grombyang, kami juga memesan Sop Iga, Ayam Bakar dan Penyet yang katanya Juara… Setelah kami menyantap semua makanan yang kami pesan, ternyata memang rasanya juara, rasanya yang segar gurih sedap membuat lidah ini dimanjakan, apalagi bila disantap hangat-hangat rasanya begitu PAS DI LIDAH.

Setelah menikmati kelezatan Nasi Grombyang Khas Pemalang ini, kemudian kami menemui pemilik Kedai Andes ini untuk berbincang-bincang. Bapak Kasdini dan Ibu Suharni adalah pemilik Kedai tersebut, mereka mengatakan bahwa ingin mengangkat makanan khas daerah asal mereka yaitu Pemalang. Nama Kedai ANDES sendiri diambil dari nama singkatan anak mereka ANdi dan Desi, yang ternyata memang membawa keberuntungan bagi kedai mereka.

Kedai ANDES ini sudah mulai berjualan sejak tahun 2006. Setiap hari kedai ini buka mulai dari jam 7 pagi hingga 7 malam. Selain makan ditempat, kedai ini juga menerima pesanan paket nasi box dengan menghubungi nomor 0858 8164 6638 / 0859 5906 6698 / 0812 1021 9033.

Nah bila anda sedang jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah, jangan lupa kunjungi Kedai ANDES yang terkenal dengan Nasi Grombyang Khas Pemalangnya.

NASI GROMBYANG KHAS PEMALANG – KEDAI ANDES
Foodcourt Dunia Air Tawar, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur
Telp. 0858 8164 6638, 0859 5906 6698, 0812 1021 9033

JAM BUKA :
Pukul 07.00 – 19.00 WIB

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin

Related Post


Soto Lenthok Mamih
Soto Lenthok Mamih

Siapa tak kenal dengan Soto Betawi, ya kuliner ini adalah…

Warung Orange
Warung Orange

Berwisata kuliner di daerah Tangerang, kali ini Tim Info Kuliner mencoba…

Soto Madura Cak Lan
Soto Madura Cak Lan

SOTO MADURA CAK LAN Jl. Taman Margasatwa No.20 Ragunan, Jakarta…

Soto Betawi Bang Kumis
Soto Betawi Bang Kumis

Betawi merupakan sebutan untuk suku asli jakarta. Sejarah Betawi begitu…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *