Nasi Gandul Bintaro

Wednesday, June 8th 2016. | Masakan Jawa

NASI-GANDUL-BINTARO NASI-GANDUL-BINTARO2 NASI-GANDUL-BINTARO6NASI-GANDUL-BINTARO3 NASI-GANDUL-BINTARO4NASI-GANDUL-BINTARO7NASI-GANDUL-BINTARO8NASI-GANDUL-BINTARO9NASI-GANDUL-BINTARO9a

NASI-GANDUL-BINTARO9b

Anda mungkin belum tahu, kalau Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyimpan menu andalan yang bakal membuat pencinta kuliner manapun menjadi kesengsem. Efek lanjutan yang terjadi mungkin saja ketagihan. Ya, menu tersebut bernama Nasi Gandul.

Apa sih Nasi Gandul ? Nasi Gandul merupakan makanan kuliner khas Kota PATI, Jawa Tengah. Kota Pati adalah sebuah kota kabupaten yang berada di jalur Pantura Jawa Tengah, sekitar 75 km arah timur Kota Semarang. Karena merupakan kuliner khas kota Pati, warung Nasi Gandul ini dapat dengan mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan kota Pati. kota Pati berada di desa Gajahmati, sebuah desa arah selatan Alun Alun Kota Pati.

Nasi Gandul ini disajikan dengan sangat unik dan khas. Piring dialasi dengan daun pisang sebelum diberi nasi putih. Pilihan daging atau jeroan sapi (lidah, babat, usus, paru, limpa, hati, atau kikil) atau telor ayam dipotong-potong di atas nasi yang kemudian akan disiram dengan kuah yang panas yang merupakan perpaduan antara rasa Gule dengan Semur. Sendok yang dipakai pun adalah sendok dari daun pisang .Nasi Gandul ini semakin khas dengan tambahan perkedel kentang atau tempe yang digoreng sangat kering sekali.

Asal Usul Nama Nasi Gandul (“gandul” artinya “menggantung”)
Ada beberapa versi mengapa nasi ini dinamakan Nasi Gandul :

Versi 1 :
Konon dulu para penjaja Nasi Gandul berjalan kaki menggotong pikulan yang berisi kuali kuah gandul di satu sisi, dan bakul nasi di sisi lainnya. Karena pikulan ini naik turun seiring dengan langkah si penjual, maka orang menamakannya nasi yang “menggantung” (atau Nasi Gandul)

Versi 2 :
Dikarenakan nasi gandul ini disajikan dengan piring yang dialasi daun pisang, maka kuah dan nasi tidak menyentuh dasar piring secara langsung atau seakan menggantung. Oleh sebab itu Nasi ini dinamakan Nasi Gandul.

Kini kelezatan nasi gandul ini sudah bisa dinikmati di Bintaro, buruan deh datang aja langsung ke lokasinya yang beralamat dibawah ini :

NASI GANDUL BINTARO
Ruko Pasar Modern Bintaro Sektor 7 RC-16

JAM BUKA
Pukul 06.30 – 15.00
Pukul 17.30 – 20.30

TERIMA PESANAN
Hubungi : 021-7452303 atau 08161648498

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn
tags:

Related For Nasi Gandul Bintaro