Home  /  Gudeg  / Lesehan Khas Jogja Gunung Kidul

Lesehan Khas Jogja Gunung Kidul


Lesehan Khas Jogja Gunung Kidul

lesehan-khas-jogja-gunung-kidul lesehan-khas-jogja-gunung-kidul2 lesehan-khas-jogja-gunung-kidul3 lesehan-khas-jogja-gunung-kidul4 lesehan-khas-jogja-gunung-kidul4a lesehan-khas-jogja-gunung-kidul5

Mendengar kata Gunung kidul, saat bicara makanan, mungkin yang banyak terlintas di benak sebagian orang adalah gaplek dan tiwul. Makanan yang terbuat dari singkong ini memang sudah menjadi trade mark kabupaten di Yogyakarta itu.

Tapi, ada kudapan lain khas daerah tersebut, loh. Salah satu kuliner asal Gunung kidul yang membekas di lidah lantaran kenikmatannya adalah soto.

Nah, kalau Anda berada di Wilayah jakarta atau tangerang, tak perlu jauh-jauh ke Gunung kidul untuk mencicipi Masakan Khas Gunung Kidul karena ada rumah makan bernama  Lesehan Khas Jogja Gunung Kidul, yang beralamat di Jalan Swadaya Raya Blok H-i No. 24 Komp. Larangan Indah, Ciledug – Tangerang. Di rumah makan ini, Anda akan menemukan kelezatan bermacam macam masakan Khas gunung kidul seperti  Soto kuah, soto berpadu rasa gurih daging ayam kampung muda, Gudeg, Puli Tempe, Jadah ( Uli) Tempe Benguk, Gula batu , Teh Jowo dan ada juga Tumpeng Khas Gunung kidul yang isi nya terdiiri dari Jada ( Uli), Jada Worang, Puli ( Gendar), Puli Basah,  Puli Goreng, Benguk bacem, Benguk Goreng, Tahu Bacem, dan tempe Bacem

Pemilik rumah makan ini bernama bu Tatiana. “Resep  masakan di rumah makan  ini merupakan warisan keluarga yang dulu biasa dihidangkan di meja makan keluarga,” jelas Tatiana.

Rumah Makan yang buka dari jam enam pagi sampai delapan malam ini tak hanya populer di daerah Tangerang tapi juga di wilayah Jakarta. Tak heran, terutama saat akhir pekan, pengunjung selalu ramai.

Gudeg racikan khas Jogja bu Tatiana memang terkenal enak rasanya. Suwiran daging ayam kampung, irisan nangka muda dan krecek, di tambah dengan tempe Benguk dan tempe bacem  serta nasi putih wuiiih Maknyooos rasane.

Selain gudeg, disini ada juga soto, Sop iga yang Aroma kuah merebak dan langsung menggugah selera makan. Tapi, kurang afdol rasanya menyantap soto tanpa perasan jeruk nipis dan tambahan kecap manis. Bagi Anda yang suka pedas, tak ada salahnya menambahkan sambal. Setelah itu, aduk soto biar semua bahan tambahan tercampur.

Jangan buru-buru menyantap seluruh isi soto. Cicipi dulu kesegaran kuahnya. Selain segar, rasa kaldu ayam sangat dominan. Ada rasa gurih juga yang menemani kaldu itu.

Namun, itu belum cukup. Cobalah gigit potongan daging ayamnya. Daging ayam nan empuk itu begitu gurih. Rasa nikmat pun makin terasa saat bawang goreng, bihun, dan irisan seledri berpadu di lidah.

Bu Tatiana bercerita, kunci kelezatan  racikan masakan nya memang terletak pada kaldu yang berasal dari air rebusan ayam kampung muda. Tak sekadar ayam kampung muda, sebisa mungkin  menggunakan ayam kampung jantan karena dagingnya lebih empuk.

Sembari merendah, bu Tatiana bilang, “Sebetulnya tidak ada resep rahasia untuk menghasilkan masakan  yang nikmat, seperti halnya bumbu soto lainnya. Cuma memang,  Orang Gunung kidul suka yang segar-segar,” ujarnya.

Di samping kuah soto, bu Tatiana juga memperhatikan kualitas nasi putih dan nasi merah. Menurut beliau, nasinya harus pulen. Kalau tidak, akan berpengaruh ke rasa  “Makanya, masak nasinya harus pas”, tuturnya.

Penasaran kan? Yuk datang aja langsung ke lokasinya yang beralamat dibawah ini :

LESEHAN KHAS JOGJA GUNUNG KIDUL
Jl. Swadaya Raya Blok H-i No. 24 Komp. Larangan Indah, Ciledug – Tangerang
HP. 081287622503

TERIMA PESANAN
Untuk berbagai macam acara pesta, arisan, rapat, dll

DAFTAR MENU

Paket Gudeg Komplit
Nasi Merah (Gudeg, Krecek Opor Ayam Kampung)
Nasi Putih (Sayur Tempe Cabe Ijo / Lodeh, Aneka Bacem)
(Tempe, Tahu, Benguk, Udang, Telur)

MENU LAIN
– Sop Iga
– Soto Iga
– Gulai Iga
– Sop Buntut
– Soto Ayam
– Gulai Ayam
– Soto Ceker
– Jadah / Potong
– Gendar / Puli / Pecel
– Apem
– Gendar
– Puli Tempe

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin

Related Post


RM Gudeg Jogya Handayani
RM Gudeg Jogya Handayani

            Jika berbicara tentang Gudeg, pasti ingat dengan…

Gudeg Kendil Keraton Bu Erni
Gudeg Kendil Keraton Bu Erni

   Gudeg adalah makanan khas dari Kota Yogyakarta. Rasanya manis…

Pecel Pincuk Godong Ijo
Pecel Pincuk Godong Ijo

   Terkadang, mengingat makanan daerah asal seringkali membuat kita kangen…

Gudeg Jogja Bu Rini
Gudeg Jogja Bu Rini

GUDEG memang makanan khas dari Yogyakarta, namun untuk dapat menikmati…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *