Ketoprak Bang Paung

Tuesday, July 11th 2017. | Gado-Gado & Ketoprak

    

Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia. Komponen utamanya adalah tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya. Alat yang digunakan untuk mengolah ketoprak tidaklah sulit anda hanya butuh ulekan dan pisau.

Makanan ketoprak sebenarnya bukan asli Betawi melainkan berasal dari Tegal dan Cirebon, Jawa Barat. Kalau makanan ketoprak asal Tegal bentuk gerobaknya menyerupai perahu dengan dua sisi papan yang biasa digunakan untuk menaruh piring, sedangkan makanan ketoprak asal Cirebon bentuk gerobaknya lebih besar dan bentuknya mirip seperti gerobak siomay yang banyak menggunakan bahan kaca. Makanan ketoprak ini sekilas mirip dengan gado-gado. Bedanya, kalau gado-gado bahan utamanya sayur-sayuran yang direbus dan diberi bumbu kacang. Sedangkan ketoprak bahan utamanya adalah tahu, bihun, taoge, mentimun, dan bisa juga memakai telur rebus atau telur goreng yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang goreng. Penyajiannya ditambah dengan lontong atau ketupat yang diberi tambahan kerupuk atau emping. Biasanya ketoprak dijajakan ke jalan-jalan sambil berkeliling menggunakan gerobak dorong atau kadang-kadang mangkal di kaki lima.

Dalam kunjungan kali ini, Tim Info Kuliner berkesempatan mencoba Ketoprak, namanya Ketoprak Bang Paung yang berlokasi di Jalan H Saikin Rt 15 Rw 8 Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ketoprak ini rasanya sangat enak dan khas. Kuncinya terletak di bumbu kacangnya yang begitu kental dan pas di lidah. Satu porsi ketoprak yang sudah diberi ketupat, cukup untuk mengobati rasa lapar.. Nah, kalau Anda kebetulan sedang ke Jakarta Selatn, tidak ada salahnya mencoba makanan Ketoprak Bang Paung yang beralamat dibawah ini :

KETOPRAK BANG PAUNG
Jalan H Saikin Rt 15 Rw 8 Pondok Pinang, Kebayoran Lama,
RT.15/RW.8, Pd. Pinang, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310
Telepon: 0878-9547-8703

JAM BUKA
Pukul 07.00 – 23.00 WIB

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn
tags:

Related For Ketoprak Bang Paung