Gudeg Jogja Mbok Arjo

Saturday, August 13th 2016. | Gudeg

GUDEG-JOGJA-MBOK-ARJO GUDEG-JOGJA-MBOK-ARJO2 GUDEG-JOGJA-MBOK-ARJO3

GUDEG-JOGJA-MBOK-ARJO4 GUDEG-JOGJA-MBOK-ARJO5

Menikmati nasi gudeg kalau di Solo atau di Yogyakarta tentu banyak pilihan karena di kota asalnya tentu banyak sekali penjual yang sangat terkenal dan enak. Kalau di Jakarta tentu tidak banyak penjual nasi gudeg yang enak. Beberapa waktu yang lalu kami dari Info Kuliner mencoba Gudeg Jogja Mbok Arjo yang berlokasi di Jalan Bendungan Walahar No.28, Sukabumi Selatan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan ini menurut kami enak dan patut dicoba. Tim Info Kuliner mendapatkan rekomendasi Gudeg Mbok Arjo ini dari seorang teman . Jadi, tidak ada salahnya untuk kita coba. Rumah makan ini ukurannya tidak terlalu besar, kira-kira ada tujuh meja. Di bagian depan untuk tempat tampilan sajian gudeg dan aneka lauknya.

Kami pesan nasi gudeg spesial . Nasi gudeg spesialnya memang komplit sekali. Berisi gudeg, krecek, ayam opor tuwir, telor, serta tahu dan tempe bacem. Sambalnya sudah disediakan tersendiri. Gudeg-nya kami suka. Kreceknya juga, potongannya agak besar, tapi cukup lembut, dan rasa. Ayam Opornya Gurih, dagingnya juga empuk. Tahu dan Tempenya bacemnya juga enak,, dan yang paling kami suka dari Gudeg Jogja Mbok Arjo ini adalah kebersihannya benar-benar dijaga.

Gudeg memang semakin bervariasi ketika dia hadir diluar ‘habitat aslinya’ gudeg, demi menyesuaikan rasa gudeg lidah orang lokal. Itulah yang dilakukan Pak Kardiyan, pemilik Gudeg Jogja Mbok Arjo di Jakarta, rasa gudek nya tidak manis, tetapi gurih. Krecek nya juga pedas, karena pelanggan kami berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Jawa, Sunda, China, sampai Padang ujar Pak Kardiyan. Ketika pertama kali berniat jualan gudeg di Jakarta beliau membuat gudeg standar rasa orang Jakarta. Dengan sejumlah penyesuaian itu Gudek Mbak Arjo yang baru dirintis tujuh bulan yang lalu, bisa di terima oleh masyarakat. Produk nya menjadi menu makan siang di kantor-kantor termasuk di gedung-gedung Pemerintahan.

Begitulah di tengah serbuan makanan impor, gudeg tetap bertahan. Apa yang membuat gudeg bisa bertahan? karena gudeg harus di pahami bukan sekedar makanan, tetapi juga sebuah tradisi yang di turunkan dari generasi ke generasi. Yang diturunkan pun bukan sekedar Resep, tetapi juga nilai-nilai, seperti keuletan, ketekunan, kekerabatan, dan segenap produksi pengetahuan yang dimiliki generasi terdahulu.”Bikin gudeg itu tidak gampang Butuh kesabaran dan ketekunan”, ujar Pak Kardiyan.

“Keunggulan lain, Gudeg mampu bertransformasi sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan pasar, baik dari sisi rasa, kemasan maupun citra budaya Lokal”, lanjut  Pak Kardiyan.

“Nah, di tengah pergaulan yang kian global dan tanpa batas itu narasi dan citra lokal menjadi penting karena itulah yang kini laku di jual”, ujar pak Kardiyan lagi.

Tidak heran jika penikmat gudeg melintasi batas wilayah yogyakarta dan jawa Tengah dan sekarang Gudeg telah Menasional.

Mau coba? yuk datang langsung aja ke Gudeg Jogja Mbok Arjo yang beralamat dibawah ini :

GUDEG JOGJA MBOK ARJO
Jl. Bendungan Walahar No.28, Sukabumi Selatan, Tanah Abang,
Jakarta Pusat 10210
Telp : 0813 1926 8960 / 0813 1981 6933 / 0857 7910 1099

JAM BUKA
Pukul 11.00 – 17.00 WIB

TERIMA PESANAN
Untuk berbagai macam acara pesta, arisan, rapat, dll

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn
tags: ,

Related For Gudeg Jogja Mbok Arjo