Bakoel Megono

Sunday, January 1st 2017. | Masakan Jawa, Nasi & Bubur, Nasi Megono

Kota Pekalongan merupakan salah satu kota yang berada di jawa tengah, tepat di Jalur Pantura yang menghubungkan antara Jakarta-Semarang-Surabaya. Mempunyai lokasi yang strategis dengan perbatasan laut di sebelah utara dan pegunungan dieng di sebelah selatan menjadikan tempat ini memberikan panorama keindahan alam yang menyejukkan. Terkenal pula sebagai kota Batik, pekalongan mampu menghasilkan batik-batik berkualitas tinggi yang sudah tersebar ke seluruh pelosok nusantara bahkan hingga ke mancanegara. Tidak hanya kaya akan keindahan alam serta budayanya, pekalongan juga mempunyai daftar wisata kuliner yang khas. Salah satunya adalah Nasi Megono.

Bagi anda yang berada di luar Jawa, mungkin belum mengenal apa itu nasi megono. Nasi megono adalah makanan khas dari daerah pantura Jawa Tengah bagian barat. Makanan ini biasa ditemukan dan sangat familiar di daerah Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, sampai Kabupaten Pemalang. Meskipun lebih identik dengan daerah Kabupaten Pekalongan, tepatnya di daerah Batang di sini hampir sepanjang jalan terdapat warung lesehan nasi megono, karena makanan ini paling banyak ditemukan di warung-warung sepanjang jalan di Pekalongan. Nasi Megono terdiri atas nasi yang diatasnya diberikan cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa beserta bumbu-bumbu lainnya. Nasi megono biasa disajikan dengan mendoan yaitu tempe goreng tipis bertepung yang setengah matang.

Nasi Megono memang bisa dijumpai di Kota Pekalongan, namun di Kota-Kota besar lainnya sudah banyak juga rumah makan yang menyediakan masakan khas Pekalongan ini. Salah satunya adalah kedai miliki Bapak Manto asli dari Pekalongan, yaitu Bakoel Megono. Kedai Bakoel Megono ini baru berdiri kurang lebih 5 tahun. Berlatar belakang penjual Nasi goreng Pekalongan, Pak Manto mencoba mengembangkan usahanya dengan membuka Warung makan khas Pekalongan yang beliau beri nama Bakoel Megono. Sukses dengan menjual nasi Goreng, Pak Manto belajar resep-resep masakan Pekalongan dan terbukti baru berjalan tiga minggu warung pak Manto sudah mulai ramai, baik yang datang langsung maupun yang pesan melalui telepon.
untuk buka nya jam 10 pagi sampai jam setengah 11 malam. Menu masakan khas Pekalongan di warung makan ini memang enak ditambah sambalnya yang memakai sambal Terasi, hmm maknyos pokoknya.
Selain Nasi Megono terdapat menu ayam bakar, tempe mendoan, nasi rames, nasi pecel, dll

Penasaran? Yuk datang aja ke Bakoel Megono yang beralamat dibawah ini :

BAKOEL MEGONO
Jl. Srengseng Raya No 251 Rt.004/06 (Perempatan Srengseng Junction)
Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat
Telp/SMS/WA : 0819-0565-7435  Pin BB : D162ACA9

JAM BUKA
Pukul 10.00 – 21.30 WIB

TERIMA PESAN ANTAR
Untuk wilayah Srengseng dan Intercon

Layan Antar  : 10.30 – 19.00 WIB
Ongkos 1x Antar  Rp.3000

( Berapun bisa diantar, ongkos sama )

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn
tags:

Related For Bakoel Megono