Home  /  Ayam & Bebek  / Ayam Goreng Sopo Ngiro

Ayam Goreng Sopo Ngiro


Ayam Goreng Sopo Ngiro

ayam-goreng-sopo-ngiro  ayam-goreng-sopo-ngiro3 ayam-goreng-sopo-ngiro4

ayam-goreng-sopo-ngiro2

Di Jabotabek memang sangat beragam kulinernya. Kali ini kami dari Info Kuliner mengunjungi salah satu kedai yang diberi nama Ayam Goreng Sopo Ngiro.

Ayam Goreng Sopo Ngiro mbak Maya ini belum lama berdiri. Dari cerita mbak Maya sendiri sebagai pemilik kedai, beliau memang awalnya sudah hobi memasak dari kecil hingga akhirnya memulai usaha kuliner ini.

Ruangannya memang kecil. Hanya ada lima meja atas, yang bisa menampung 20 orang. Kedai ini buka dari jam sembilan pagi hingga sepuluh malam. Saat jam makan siang, antara pukul sebelas siang sampai tiga sore, merupakan waktu  ramai pengunjung. Anda bisa kesulitan mendapat tempat duduk di jam-jam itu.

Sekian cerita sejarahnya, sekarang saatnya kita jajal ayam goreng yang gurih itu. Begitu Anda pesan, ayam langsung dicemplungkan ke dalam penggorengan. Cuma butuh lima menit, ayam goreng tiba di atas meja, lengkap dengan aneka lalapan, seperti timun, daun kemangi, dan pohpohan. Ukuran ayamnya, sih, sedang. Tidak terlalu besar tapi tidak kecil juga.

Kelirnya kuning kecokelatan. Yang membuat ayam goreng racikan kedai makin istimewa adalah kehadiran  sambal. yang bisa anda request mau pedas, sedang dan sangat pedas. Tiga jenis sambal, sambal ulek merah dan sambal yang tersaput kecap manis. Mirip seperti sambal kacang yang menjadi pendamping nasi uduk khas Betawi.

Begitu Anda sobek, daging ayam  goreng buatan kedai ini tampak putih kekuningan. Dagingnya matang hingga ke tulang yang menggaring. Saat sesobek besar daging ayam masuk mulut, rasanya gurih dan empuk khas ayam kampung langsung pecah. Bagian kulitnya setengah kering. Alhasil, bau lemak bagian bawah kulit pun terasa wangi begitu gigi mengunyahnya. Rasa daging ayamnya memendam sari-sari bumbunya, karena sudah melewati proses ungkep dan goreng. Bahkan, ketika tulang-tulang ayam kita isap-isap dan kita keremus, rasa bumbu kuning yang dioleskan ke ayam.

Jika sudah puas dengan ayam goreng polos, coba cocolkan kesambal andalan kedai ini. Rasa sambalnya manis pedas bercampur getir  yang digerus halus. Begitu masuk bersama ayam ke dalam mulut, aroma khas  pun langsung mendominasi. Jika pedas menyerang, caplok saja potongan timun segar untuk mendinginkan mulut.

Menurut Bu Dian, pelanggan kedai yang mengganyang ayam goreng ini merasa tak lengkap tanpa memesan menu-menu yang lain nya yang tidak kalah enak nya seperti Pecak Ikan Gurame sambel Petir, Pecak Ikan Nila,,Toge Goreng atau urab. Ini yang menambah rasa segar sekaligus membuat makananya memang juara. Rasanya kaya akan rempah.  sekaligus pedas. Efeknya pun sedikit galak saat di tenggorokan.

Selain makanannya lezat, kedai yang kini dikelola oleh mbak Maya ini cukup bersih.

Untuk urusan bayar-membayar, harga makanan di kedai ini tidak bikin kantong Anda jebol, kok. Sepotong ayam goreng, harganya Rp 17.000. Guna menyegarkan tenggorokan, Anda bisa pesan segelas es teh seharga Rp 3.000.

Nah, kalau Anda penasaran ingin menjajal kelezatan ayam gorengnya, atau ayam penyetnya, langsung saja datang ke lokasinya yang beralamat dibawah ini.

AYAM GORENG SOPO NGIRO
Jl. Raya Ceger No.69, Jurang Mangu Barat, Pd. Aren,
Kota Tangerang Selatan, Banten

JAM BUKA
Pukul 09.00 – 22.00 WIB

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin

Related Post


Pecel Lele dan Ayam Bakar Batavia
Pecel Lele dan Ayam Bakar Batavia

      Jika kita mau menelusuri setiap sudut di Kota…

Ayam Bakar Irzah
Ayam Bakar Irzah

  Masih berwisata kuliner di daerah Tangerang, kali ini Tim Info…

Ayam Bakar Klaten Pak Beng
Ayam Bakar Klaten Pak Beng

Ayam Bakar Klaten"Pak Beng" ini  berasal dari daerah Solo sekarang…

Ayam Bakar 712 Tujiro
Ayam Bakar 712 Tujiro

Banyak rumah makan yang menawarkan hidangan ayam bakar sebagai menu…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *