Ayam Taliwang 27 Asli Lombok

Thursday, September 14th 2017. | Ayam & Bebek, Ayam Bakar

AYAM-BAKAR-TALIWANG-27-KHAS-LOMBOK3       AYAM-BAKAR-TALIWANG-27-KHAS-LOMBOK2

Saat disajikan di meja, aroma khas ayam bakar dengan aroma asap bakaran arangnya langsung terasa di hidung. Aroma yang membuat lidah semakin bergoyang dan perut semakin keruyukan. Di lahapan pertama, yang paling terasa adalah sensasi pedasnya yang khas dengan campuran terasi asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. “Terasinya asli Lombok,” ujar bapak Marzuki, pemilik Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang 27 yang ada berada di Jalan Budi Raya Kemanggisan, Kebon Jeruk.

Rumah makan ini baru berdiri kurang lebih sekitar 7 bulan yang lalu. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore. Menu yang disajikan selain ayam taliwang, adalah Baberok Plecing Kangkung dan Ikan bakar.

Walaupun berada di Jakarta, Ayam Taliwang 27 ini tidak jauh beda dengan Ayam Taliwang asli di Lombok, NTB. Ayamnya dibakar dan disajikan dengan plecing kangkung dan sambal terasi Lombok. Plecing kangkung adalah kangkung rebus yang dicampur dengan sambal tomat dan terasi. Di atasnya juga ditaburi kacang goreng. Sangat khas sekali. Makan di sini dijamin kenyang. Satu porsi Ayam Taliwang adalah satu ekor ayam kecil. Jadi bukan potongan badan ayam seperti paha, dada, atau sayap. “Ayamnya menggunakan ayam kampung yang belum tua,” ujar bapak Marzuki lagi kepada Tim Info kuliner.

Kunci kelezatan sajian Ayam Taliwang 27 ini memang berada di bumbu pedasnya. Walaupun sama-sama cabai pedas tapi campuran dan cara memasaknya membuat sambal asal NTB ini berbeda dengan sambal pedas asal daerah lain di Indonesia. Satu bumbu yang membuat sambal memiliki khas sendiri adalah terasi. Terasi yang biasa untuk membuat ayam taliwang dan pelecing kangkung adalah terasi Lombok. Bahan dasar terasi ini sebenarnya sama dengan terasi lainnya seperti terasi Bangka atau Cirebon yaitu udang. Namun bahan racikan dan cara pengolahannya yang membuat berbeda.

Penyajian Ayam Taliwang bersama dengan nasi putih, pelecing kangkung dan sambal terasi khas Lombok. Untuk pelengkap menu, plecing kangkung yang juga khas lombok tentu menjadi pilihan. Belum lengkap rasanya jika makan ayam taliwang tanpa Plecing kangkung, entah karena tanahnya atau karena air tanahnya yang berasal dari rinjani, kangkung di lombok terlihat dan terasa berbeda dibandingkan dengan kangkung dari daerah lain.

Daun kangkung Lombok lebih kecil, tetapi tangkainya panjang dan besar. Hanya di rebus saja, kangkung Lombok terasa segar dan kriuk-kriuk. Rebusan Toge menjadi pendamping kangkung, dengan bumbu kepala bakar yang sudah dicampur ulekan terasi, bawang putih ,dan cabai. Untuk sambal plecing, terasi masih tetap digunakan, selain tomat cabe rawit, jeruk limau dan kacang. Sedap…!!

Yang juga ditunggu adalah Baberok, sejenis sambal campuran terong ungu kecil, kacang panjang, tomat, cabe rawit dan (lagi-lagi) terasi. Campuran bahan itu kemudian di campur minyak kelapa panas bekas gorengan. Ditambah irisan bawang merah dan perasan jeruk limau, Baberok siap mendampingi ayam taliwang dan plencing kangkung.

Untuk pengunjung di Rumah Makan ini, anda juga bisa memesan sate khas lombak yaitu Sate BULAYAK dan Bebalung (Sop Iga sapi ) semacam Sop Buntut yang rasanya segar dan tidak akan anda temukan di tempat lain.
Jadi bagi yang tidak sempat ke Lombok, Mataram, Sumbawa atau kawasan di Nusa Tenggara Barat lainnya, Ayam Bakar Taliwang 27 ini bisa menjadi pelepas penasaran. Setidaknya bisa mencicipi kelezatan makanan khas Lombok yang terkenal yaitu Ayam Taliwang.

AYAM BAKAR TALIWANG 27 KHAS LOMBOK
Jl. Budi Raya Pertigaan Tugu Manggis
Kemanggisan- Kebon Jeruk
Telp. 0812 8432 7999 / 0816 1933 159

JAM BUKA :
Pukul 10.00 – 23.00 WIB

TERIMA PESANAN :
Untuk berbagai macam acara, pesta, rapat kantor, ulang tahun, dll

Bagikan Info Kuliner ini ke Teman Anda >>Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn
tags: , , ,

Related For Ayam Taliwang 27 Asli Lombok